Apa Itu Akuntan Publik dan
Bagaimana Menjadi Akuntan Publik ?

Definisi Akuntan Publik 

Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan
publik di Indonesia. 
Akuntan yang memiliki izin praktik  dari pemerintah sebagai akuntan swasta sehingga dapat memberikan jasa akuntansi kepada perusahaan dengan mendapatkan pembayaran tertentu (public accountant).

Apa Itu Akuntan Publik? 

Akuntan publik adalah profesi yang memberikan jasa sebagai profesional yang telah memiliki izin dari negara untuk
melakukan praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen. Tugas akuntan publik meliputi analisis laporan keuangan
audit laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya. Setiap akuntan publik wajib menjadi anggota IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia), asosiasi profesi yang diakui oleh pemerintah.

Bagaimana Cara Menjadi Akuntan Publik?

Persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin menjadi seorang akuntan publik.

Persyaratan ini sudah tertulis dalam UU Nomor 5 Tahun 2011 pasal 5 ayat 1.

  • Syarat pertama yaitu Anda harus memiliki Sertifikat Tanda Lulus yang sah dari IAPI atau perguruan tinggi yang mempunyai akreditas pendidikan profesi satu ini.
  • Syarat selanjutnya yaitu Anda wajib menyerahkan bukti mengikuti PPL (Pendidikan Profesional Berkelanjutan) dengan jumlah SKS paling sedikit yang sudah ditempuh yaitu sedikit 60 Satuan Kredit PPL (SKP) selama 2 tahun.
  • Persyaratan selanjutnya yaitu Anda harus memiliki pengalaman praktik di bidang audit umum, dengan jumlah sedikitnya 1000 jam dalam 5 tahun yang sudah diresmikan oleh ketua kantor KAP.

Seorang akuntan publik harus memiliki domisili di wilayah RI dan harus menyerahkan KTP. Selain itu, Anda juga harus memiliki NPWP.

Selain itu, Anda harus menjadi anggota dari IAPI dan tidak pernah dijatuhi sanksi pencabutan izin dan tidak pernah dipidana.

Calon akuntan publik  juga tidak boleh sedang berada dalam pengampuan serta harus membuat dan melengkapi formulir Surat Permohonan Izin Akuntan Publik,

Selain itu, Anda juga harus membuat surat pernyataan tidak merangkap jabatan seperti yang sudah dijelaskan dalam pasal 46.

Anda juga perlu membuat surat pernyataan yang sudah dibubuhi materai serta  menyatakan kalau data persyaratan yang Anda sampaikan adalah benar.


Sumber : UU Nomor 5 Tahun 2011 tentang akuntan publik

1 thought on “Bagaimana Cara Menjadi Akuntan Publik”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hai ada yang bisa KAP Bima Adi Virgana bantu?